Senin , Desember 9 2019
Home / Artikel Bebas / Perjalanan

Perjalanan

Perjalanan bersama kawan pejalan (foto oleh @afvendiant )

Setiap pejalan memiliki alasan yang mungkin berbeda mengapa mereka melakukan perjalanan. Serta tujuan yang mungkin tak sama kemana mereka akan bermuara.

Sebagian pejalan menjaga mimpinya terus merekah. Agar tak lupa kemana mereka harus melangkah. Memaksa kaki menuju satu arah, dan membuat sejarah. Sebagian lagi, tak peduli dengan tujuan. Hanya mengikuti kemana langkah kaki mereka mengarah. Persetan dengan membuat sejarah.

Setiap jalan berbeda, berbeda cara menikmatinya. Unik, dan masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Bagi pendaki, mungkin mereka tidak akan mengerti senangnya menelusuri goa-goa baru. Menyalakan cahaya pertama di salah satu lorong di perut bumi. Pun juga bagi pesepeda, belum tentu memahami adrenaline tersembur saat mengarungi arus deras dan jeram-jeram besar.

Perjalanan bagiku lebih bermakna dibandingkan tujuan akhir dari perjalanan itu sendiri. Karena selama ku berjalan, selama ku mengelana, saat itulah aku merasa benar-benar ‘hidup’. Menikmati pemandangan di kiri kanan, bercengkerama dengan kawan, hingga bertemu dan mengenal orang-orang baru.

Memang, berjalan itu lelah. Berproses itu tidak mudah, dan kadang tidak murah. Namun walaupun susah payah, pengalaman dan pengetahuan yang ku dapat setimpal dengan semua itu. Kenangan, cerita, pencapaian, keindahan, kebanggaan, kadang membuatku tersenyum saat mengingatnya.

Entah apapun yang sedang kawan jalani, berjalanlah tak hanya dengan kaki, tapi juga dengan hati. Dan lihatlah sekeliling perjalanan tak hanya dengan mata, tapi juga dengan rasa. Agar perjalanan kawan-kawan lebih bermakna, dan kawan-kawan pulang dengan pelajaran yang berharga. Pelajaran yang membuat kita lebih bijaksana.

Jadi, apa yang membuat kawan-kawan pejalan melakukan perjalanan?

afvendiant
Cirebon, 31 maret 2019

About afvendiant

Suka bertualang di gunung dan hutan, membaca buku/novel tentang alam dan petualangan, mengeksplorasi keanekaragaman hayati di jalur pendakian/ perjalanan. Owner @mountainswalker & @meru_outdoor

Check Also

BETAPA ENAKNYA NAIK GUNUNG ANDONG JAMAN DULU

BETAPA ENAKNYA NAIK GUNUNG ANDONG JAMAN DULU Naik Gunung. Berbicara tentang naik gunung, yang terlintas …