Kamis , Januari 23 2020
Home / Tips & Trik / Pakaian mendaki identik dengan warna cerah, apakah benar?

Pakaian mendaki identik dengan warna cerah, apakah benar?

pakaian mendaki tim pmtgadventure

Pernah tidak terpikiran oleh kita, apakah pakaian cerah itu membantu kita saat melakukan pendakian? Bagi penulis yang apa adanya ini, tentu saja hal ini tidak ada pengaruh sama sekali. Kenapa? Biasanya, pakaian yang dipakai oleh para penjelajah, pecinta alam atau penikmat alam sekalipun berwarna dasar hitam. Kaos hitam, celana hitam, semua serba hitam. Itulah pakaian mendaki saya. Hahaa…

Banyak yang bilang ketika memakai pakaian mendaki yang serba hitam, maka akan mengurangi tingkat visibilitas debu/noda yang secara sengaja atau tidak sengaja menempel karena kegiatan yang kita lakukan.

Tapi, apakah anda tau bahwa memakai pakaian yang cerah bisa mempengaruhi kegiatan mendaki kita? Berikut merupakan beberapa alasan kenapa kita harus memakai pakaian cerah ketika mendaki.

  1. Pertama, adalah masalah keamanan. Menggunakan pakaian cerah saat melakukan pendakian akan meningkat tingkat penglihatan orang lain terhadap kita. Jadi, misalnya (semoga tidak) kita tersesat atau terjatuh di jurang, menggunakan pakaian mendaki berwarna cerah akan membuat kita menjadi lebih terlihat. Sehingga, orang yang akan menyelamatkan kita menjadi mudah untuk menemukan posisi kita.
  2. Kedua, adalah tentang warna pakaian mendaki kita. Pernakah terlintas di benak Anda bahwa warna pakaian mendaki bisa mempengaruhi daya serap panas? Tahukah Anda bahwa warna merupakan salah satu variabel dari sejumlah variabel yang menentukan daya serap suatu benda terhadap panas yang datang dari cahaya matahari.Jika Anda berjalan di tengah teriknya matahari dan memakai baju berwarna hitam kemungkinan besar Anda akan merasa gerah karena kepanasan. Hitam adalah penyerap panas tertinggi. Hitam menyerap semua cahaya pada spektrum visual dan menciptakan kekosongan cahaya. Hitam adalah warna terpanas, sebap warna ini menyerap semua panjang gelombang cahaya dan tidak memantulkannya kembali.

    Beda jika kita memakai warna-warna cerah seperti kuning, biru, merah, dll. Walaupun juga menyerap panas, tapi tidak sehebat warna hitam.

  3. Ketiga, memakai pakaian mendaki yang memiliki warna cerah bisa mempengaruhi mood atau psikologimu saat mendaki. Seperti dikutip dalam Kompas, warna pakaian yang Anda pilih ternyata menyampaikan pesan pada orang di sekeliling. Pesan itu bisa berarti menyejukkan, menggoda, gembira, atau menakutkan. Beberapa contoh psikologi warna dalam kehidupan sehari-hari misalnya, petugas keamanan yang memakai warna biru tua menyampaikan pesan berwibawa dan berkuasa, juru rawat yang memakai seragam warna hijau pupus menyiratkan kesan tenang dan damai.Nah, mungkin ketika kita memakai pakaian dengan corak warna yang kita sukai, akan menambah semangat mendaki kita menjadi lebih tinggi daripada hanya memakai pakaian yang berwarna hitam atau monoton. Juga bisa menambah semangat bagi teman-teman seperjuangan karena saat kita memakai pakaian cerah, maka orang lain pun akan merasakannya.
Pakaian mendaki yang warna warni
Pakaian mendaki yang warna warni

Sekian dan terima kasih.

Sumber:
Kompas
blogmerdeka
twomonkeystravelgroup

About kosongduadua

Suka naik-naik ke puncak gunung. Tinggi tinggi sekali. Masih penjelajah pemula. Jangan dibully. Drop anything to @kosongduadua

Check Also

ilustrasi pendakian

Hipotermia, Kenali Gejala dan Cara Mengatasi

Mungkin, telah banyak kasus pendaki yang telah meninggal dunia karena hipotermia. Sebagai contoh adalah Shizuko …