Kamis , Januari 23 2020
Home / Tips & Trik / Kompor kaleng, solusi untuk kompor sederhana

Kompor kaleng, solusi untuk kompor sederhana

Kompor Kaleng. Sumber: http://health.liputan6.com/read/2343610/yuk-bikin-sendiri-kompor-kaleng-bekas-minuman

Bagi yang suka naik gunung, pasti tidak akan jauh-jauh dari yang namanya kompor. Ya, kompor merupakan salah satu alat esensial yang harus dibawa ketika mendaki gunung. Tapi tulisan kali ini tidak akan membahas jenis-jenis kompor atau kompor mana yang baik saat melakukan pendakian. Tulisan ini membahas tentang cara membuat kompor kaleng. Yes, kaleng. Apakah bisa? Tentu bisa!

Membuat kompor kaleng dari kaleng soda bukan hanya memotong kaleng soda terus diberi kapas dan spirtus. Bukan. Memang seperti itu bisa, tapi ada cara yang lebih elegan untuk memberi kesan bahwa membuat kompor kaleng ini akan menjadi mahakarya abadi yang bisa dipakai setiap kali kamu ndaki. Sudah pasti lightweight dan tidak membuat dompet menangis.

Tentunya, persiapkan dulu alat-alatnya. Bisa pakai sembarang kaleng soda, bisa si merah, si biru, si coklat, dan lain-lain. Kaleng kopi pun sekarang bisa. Jika sudah, kompor kaleng siap dibuat.

Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 1
Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 1

Langkah-langkahnya dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Buang pin pembuka yang ada di bagian atas kaleng agar kaleng dapat berdiri tegak saat dibalikkan.Balikkan kaleng.
  2. Pada bagian bawah kaleng beri tanda dengan marking pen sebanyak 24 titik yang melingkar di luar tonjolan lingkaran alas, dengan jarak yang sama antara titik. Terserah bisa titiknya yang penting tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Kemudian lubangi titik yang sudah ditandai tadi dengan paku atau benda tajam lainnya. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 2
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 2
  3. Dengan menggunakan cutter, buang bagian “mangkok” alas kaleng. Caranya dengan menggerat mengikuti jalur dinding dalam tonjolan perlahan-lahan. Jangan sampai dinding dalam tonjolan ikut terpotong. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 3
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 3
  4. Pada tempat yang datar, berdirikan lagi kaleng dengan bagian bawah ada dibawah. Ukur sepanjang 20 / 27 mm (atau 3/4nya) dari bawah kaleng. Beri tanda dengan menggunakan marker pen.Kemudian, Ganjal marker pen dengan menggunakan gunting (atau apa saja), hingga ujungnya berada setinggi tanda hasil pengukuran. Tahan dengan tangan sedemikian agar tak bergerak. Putarkan kaleng perlahan hingga seluruh dinding kaleng tertandai secara sama rata pada ketinggian yang diukur.Langkah selanjutnya, iris hasil garisan tanda tadi dengan cutter secara perlahan hingga seluruh dinding kaleng terkitari. Ulangi lagi – dengan sabar – hingga beberapa kali tapi jangan ditekan keras. Setelah ada sedikit bagian yang terbuka, hentikan. Lanjutkan cukup dengan tekanan jari. Bagian ini dinamai ‘Burner‘.
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 4
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 4
  5. Ambil kaleng lain. Ulangi langkah sebelumnya, tandai kaleng dengan marking pen. Kali ini 2.5 atau 3 cm (25-30mm) dari bagian bawah kaleng.

    Gerat (iris) hasil garisan seperti pada langkah sebelumnya. Setelah 2 atau 3 putaran, dapat dipotong langsung dengan cutter, asal hati-hati jangan memotong keluar dari yang sudah ditandai. Tekuk tekuk sekeliling dinding hasil potongan ini secara merata dengan menggunakan ibu jari ke arah dalam. Tekukan ini dimaksudkan agar pada saat di dimasukkan ke bagian atas, lebih mudah. Jangan terlalu dalam karena akan menutupi lubang keluar gas. Bagian ini dinamai ‘Fuel Cup‘. Untuk lebih jelasnya silakan liat gambar dibawah.

    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 5
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng sederhana bag 5
  6. Dari sisa kaleng pertama (karena sisa potongannya lebih rapi), buat tanda seperti pada langkah nomer 4. Kali ini setinggi 3,5cm (35mm). Gunting kaleng secara vertikal, lalu membelok mengikuti tanda yang telah dibuat. Bagian ini dinamakan ‘Inner Wall‘. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.
    membuat kompor kaleng nan sederhana bag 6
    membuat kompor kaleng nan sederhana bag 6

    Kemudian, sesuaikan diameter lingkaran dengan bagian ‘Fuel Cup‘. Jangan lupa membuat kuncian di akhir pada sisi berlawanan. Lebih jelasnya, silakan lihat gambar di bawah ini.

    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng dan sederhana bag 6 - 1
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng dan sederhana bag 6 – 1

    Langkah selanjutnya adalah memotong bagian kecil dari ‘Inner Wall‘ yang bertujuan untuk mengalirkan bahan bakar dari bagian dalam ke bagian luar ‘Inner Wall‘. Silakan liat gambar di bawah ini.

    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng dan sederhana bag 6 - 2
    Kompor Kaleng: membuat kompor kaleng dan sederhana bag 6 – 2
  7. Hore. Langkah pamungkas. Susun Burner, Inner Wall, dan Fuel Cup. Masukkan Inner Wall pada cerukan tonjolan dalam Burner. Lalu pasangkan Fuel Cup dalam Burner. Rapatkan hingga Inner Wall masuk pada cerukan tonjolan Fuel Cup. Kompor selesai.
    membuat kompor sederhana bag 7
    membuat kompor sederhana bag 7

Akhirnya tips membuat kompor sederhana dari kaleng ini jadi juga. Silakan menikmati. Eh, kami juga melayani penjualan juga loh, jika saja males untuk membuat kompor ini. Hehee…

Sumber:
thesodacanstove
xteknologi

About kosongduadua

Suka naik-naik ke puncak gunung. Tinggi tinggi sekali. Masih penjelajah pemula. Jangan dibully. Drop anything to @kosongduadua

Check Also

ilustrasi pendakian

Hipotermia, Kenali Gejala dan Cara Mengatasi

Mungkin, telah banyak kasus pendaki yang telah meninggal dunia karena hipotermia. Sebagai contoh adalah Shizuko …