Senin , Desember 9 2019
Home / Destinasi / Hiburan lokal Magelang: Punthuk Setumbu

Hiburan lokal Magelang: Punthuk Setumbu

Selamat datang di Punthuk Setumbu

Motivasi hiburan lokal

Minggu ini adalah liburan panjang, bagi orang-orang yang suka berhitung tanggal merah dan hari kecepit. Menurutku sih, liburan malah menguras kantong airmata karena kelingan mantan. Setelah diprotes karena terlalu banyak meluangkan waktu untuk nglempengke boyok akhirnya aku gugling wisata yang ada di kabupaten Magelang. Sebagai warga ber-KTP Magelang coret, aku merasa gagal karena ndak tau wisata yang lagi nge-hits di Magelang. Padahal ya wisata di Jogja pun aku yo ndak begitu tau. Kurang hiburan lokal.

Dalam beberapa detik, aku sudah membaca secara cepat beberapa rekomendasi wisata di Magelang dan tentu saja jarak dari rumah ke tempat wisata tersebut. Sungguh multitasking sekali. Akhirnya, aku putuskan ke tempat wisata yang katanya lagi paling ngehits menurut artikel tersebut, yaitu Punthuk Setumbu.

Menuju ke Punthuk Setumbu

Sudah tidak banyak yang saya ingat di bulan itu, tepatnya kita berwisata di bulan April, dan sekarang sudah bulan Mei! Sungguh rajin sekali nulis artikelnya. Yang saya ingat adalah biaya parkir disana untuk mobil adalah sepuluh ribu rupiah. Hehehe…

parkir mobil punthuk setumbu
parkir mobil punthuk setumbu

Jarak dari jalan utama menuju ke tempat parkir Punthuk Setumbu ini tidak terlalu jauh. Bagi yang pernah ke Kalibiru, ke Punthuk Setumbu ini paling cuman seujung kuku. Tempat parkir-nya cukup luas, dan terlihat di sekitarnya ada homestay untuk para penyembah matahari terbit jikalau sunrise-an di Borobudur terlalu mahal.

Untuk menuju ke puncak kenikmatan punthuk setumbu, ya harus meniti sejumlah anak tangga. Lebih banyak dari tangga Suroloyo, tapi lebih mudah dibandingkan membangun rumah tangga. Tak banyak pemandangan yang bisa di lihat sewaktu berjalan naik dan waktu yang ditempuh untuk sampai di puncak bisa untuk menghayati apa arti perjalanan mu.

Anak tangga menuju puncak Punthuk Setumbu
Anak tangga menuju puncak Punthuk Setumbu

Setelah berjalan cukup lama dan tidak menemukan kantong semar, akhirnya sampai juga di puncak Punthuk Setumbu. Bagi yang suka nyekrol sampah di timeline, pemandangan ini cukup menjadi detox bagi mata yang merindukan pemandangan alam seperti gambar anak-anak SD pada umumnya. Oh, juga di puncak banyak tempat selfi, jadi silakan memuaskan hasrat foto-fotonya.

Pemandangan di puncak Punthuk Setumbu
pemandangan di Punthuk Setumbu
Melihat gereja ayam dari puncak Punthuk Setumbu
Melihat gereja ayam dari puncak Punthuk Setumbu

Kesimpulan

Melihat fasilitas yang ada di puncak Punthuk Setumbu, saya pikir sudah cukup membantu. Ada mushola, toilet ( belum mencoba ), warung-warung pun ada ketika rasa lapar menyerang, spot untuk berswafoto, surga dunia apa yang kamu dustakan?

Segini aja review suka suka dari saya, jikalau ada yang terlewat, memang itu sengaja dari pikiran saya yang sudah memudar dimakan usia. Kalau ada hiburan lokal yang patut untuk dicoba, monggo di sebarkan lho. Selamat berlibur!

About kosongduadua

Suka naik-naik ke puncak gunung. Tinggi tinggi sekali. Masih penjelajah pemula. Jangan dibully. Drop anything to @kosongduadua

Check Also

CATATAN PERJALANAN PENDAKIAN GUNUNG SLAMET VIA BAMBANGAN #1

CATATAN PERJALANAN PENDAKIAN GUNUNG SLAMET VIA BAMBANGAN SING PENTING.. SLAMET!! Itulah yel-yel yg kami teriakkan …